Mengenal 5 Filosofi Logo Muktamar Muhammadiyah ke 48

Muhammadiyah pada tahun depan nanti akan menyelenggarakan gelaran akbar, yaitu Muktamar Muhammadiyah ke 48. Sebagai tuan rumah di tahun tersebut adalah Kota Solo atau Surakarta. 

Muktamar Muhammadiyah ke 48 akan diselenggarakan selama 5 hari yaitu 1-5 Juli 2020 mendatang. Setahun sebelum muktamar digelar, tepatnya bulan Juli tahun 2019 ini. Panitia mengadakan soft launching logo Muktamar Muhammadiyah ke 48 di Gedung Induk Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Berikut ini arti filosofi di balik logo Muktamar Muhammadiyah ke 48 tahun 2020:

1. Gunungan

Gunungan dalam logo Muktamar Muhammadiyah ke 48 tahun 2020 memiliki arti bahwa estafet dari masing-masing periode kepemimpinan Muhammadiyah satu ke lainya menuju babak baru dan menunjukan bahwa pergerakan organisasi Muhammadiyah yang dinamis dalam mewujudkan cita-cita pendiri Muhammadiyah, yaitu K.H Ahmad Dahlan. Selanjutnya bentuk gunungan atau kayon dalam budaya Jawa memiliki makna bahwa gunungan adalah simbol tentang pohon kehidupan yang melambangkan seisi alam semesta.

2. Kaligrafi

Dalam logo Muktamar Muhammadiyah ke 48 tahun 2020 gubahan gunungan dibentuk dari angka 48 dalam kaligrafi Arab. Hal ini melambangkan peradaban dan seni Islam yang bernilai tinggi.


3. Panah ke atas

Angka 8 yang membentuk seperti anak panah menghadap ke atas, melambangkan perkembangan dan tujuan organisasi dalam membangun dan membangkitkan peradaban islam yang berkemajuan sesuai dengan semangat pembaharuan islam yang dibawa Muhammadiyah.

4. Latar belakang

Latar belakang dari gunungan di logo Muktamar Muhammadiyah ke 48 tahun 2020 adalah simbolisasi dari alam semesta, sekaligus menggambarkan lintas gerak cahaya (sinar) yang mencerminkan dinamisasi gerakan dakwah dan tajdid pencerahan Muhammadiyah di bumi Indonesia yang terus bergerak dinamis.Melewati ruang dan waktu guna mencerahkan semesta sebagai aktualisasi Islam Berkemajuan yang menyebarkan misi rahmatan lil-‘alamin.

5. Bentuk lingkaran

Bentuk lingkaran ini melambangkan keterusmenerusan tanpa putus dan melintas batas. Kemudian semburat cahaya bersudut 48 menggambarkan energi, kekuatan, martabat, dan kecerdasan serta dapat diartikan juga sebagai simbol pencerahan yang menggembirakan dalam Muktamar ke-48 tersebut. Pancaran cahaya itu menyinari dunia sehingga menjadi rahmat bagi semesta.

Demikian artikel ini kami buat dengan sumber yang valid dan terpercaya IT Muhammadiyah. Kami juga bagikan file logo lengkap dengan berbagai format pilihan yang bisa bapak/ibu atau para pemuda gunakan sebagai bahan referensi dalam program-program dakwah, untuk lebih jelasnya file vektor Logo Muktamar Muhammadiyah ke 48 tahun 2020 Surakarta Solo ini adalah hasil sayembara lomba dan dapat di download pada link tautan yang sudah kami sediakan dibawah ini:




Belum ada Komentar untuk "Mengenal 5 Filosofi Logo Muktamar Muhammadiyah ke 48"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel